TUGAS PERTEMUAN 1
1.Sebutkan Contoh-contoh aplikasi (minimal 3)yang termasuk ke dalam setiap “kategori perangkat lunak” pada slide
-PL Sistem (System software ) : Windows,Linux,Mac OS
-PL Aplikasi(Application Software) : Microsoft Office,Adobe,Gom Player
-PL Rekayasa/Ilmiah(Engineering/Scientific Software) : AutoDesk,AutoCad,Fusion 360
-PL yang tertanam(Embedded Software) : Pintu Mall otomatis , Microwave , Lift
-PL Lini Produk(Product-Line Software) : Adobe , Coreldraw , 3Dmax
-PL Aplikasi Web(Web/Mobile Applications) : Lazada, Bukalapak , Shopee
-PL Kecerdasan Buatan(Artificial Intelligence Software) : Google maps , Google Asisten , Siri IOS
2.Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak
aplikasi" pada slide
-Stand Alone Applications
Microsoft word, AutoCAD, Adobe Photoshop
-Interactive Transaction Based Applications
Lazada, Shopee, Tokopedia
-Batch Processing Systems
MYOB, Lunaz.id, Gaji.id, Talenta
-Embedded Control Systems
Pengereman ABS, Microwave, Pintu otomatis
-Entertainment Systems
Winamp, VLC Media Player, Windows media player
-Systems for Modelling and Simulation
FEA ABAQUS, Unreal Engine, FlexSim
-Data Collection Systems
Google Form, Teamscope, JotForm
-Systems of Systems
Android Studio, Visual Studio, Sublime text
3. Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL pada slide. JAWABAN :
Users Orang-orang yang akan menggunakan Perangkat Lunak.
Customer (client) Orang-orang yang membeli atau memesan Perangkat Lunak.
Software Developer Orang-orang yang mengembangkan dan memelihara Perangkat Lunak.
Development Manager Orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan
Perangkat Lunak, dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.
4. Jelaskan 4 kegiatan proses PL pada slide
Jawab :
1. Spesifikasi PL : menetapkan layanan apa yang dituntut dari sistem dan batasan pada operasi serta pengembangan sistem
2. Pengembangan PL : untuk mengembangkan sistem dan memberikan panduan dalam mensukseskan proyek pengembangan sistem aplikasi dengan mengikuti tahapan-tahapan tertentu
3. Software validasi : Untuk memastikan bahwa software telah melakukan apa yang benar benar disyaratkan oleh user.
4. Software evolusi : Pengembangan dari versi sebelumnya atau merupakan gabungan dari sistem atau perangkat lunak lain
5. Sebutkan mitos-mitos lain (minimal 3) dalam PL selain mitos-mitos yang ada di slide
1. Mitos managements
A. Kita tidak perlu mengubah pendekatan terhadap pengembangan software, karena jenis
pemrograman yang kita lakukan sekarang ini sudah kita lakukan 10 tahun yang lalu.
Realitasnya : Walau hasil program sama, produktivitas dan kualitas software harus
ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan software developments
2.Mitos Pelanggan
A.Tujuan sistem secara umum cukup untuk memulai menulis program.
Realita : Definisi awal yang buruk merupakan sebab utama gagalnya kerja perangkat lunak .
3.Mitos Praktisi
A. Tidak ada metode untuk analisis disain dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju
ke depan terminal dan mulai coding.
Realitasnya : Metode untuk analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software.
B. Segera setelah software digunakan, pemeliharaan dapat diminimalisasikan dan diatasi dengan cara “CATCH AS CATCH CAM”.
Realitasnya : Diperlukan budget yang besar dalam maintenance software.
Pemeliharaan software harus diorganisir, direncanakan dan dikontrol seolah-olah
sebagai suatu proyek besar dalam sebuah organisasi.
0 Response to "Pertemuaan 1 Rekayasa Perangkat Lunak "
Post a Comment